Wednesday, January 25, 2012

Materi Fisika Dasar Dan Contoh Soalnya


SILABUS DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN

U N I V E R S I T A S   T E K N O L O G I    Y O G Y A K A R T A

 



Fakultas
:
FST
Program Studi/Strata
:

Mata Kuliah
:
FISIKA DASAR
Kode MK
:
MKK 47104
Beban Kredit
:
3 SKS


1.         Tujuan
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberi pengetahuan tentang vektor, gerak, hukum-hukum Newton, kesetimbangan benda, usaha dan energi, impuls momentum, gerak harmonik sederhana, elastisitas, statika dan dinamika fluida, serta aplikasi dalam kehidupan sehari-hari.

2.         Deskripsi
Mata kuliah Fisika Dasar ini mempelajari tentang vektor yang didalamnya mencakup besaran vektor, vektor satuan, dan operasi vektor. Selain itu juga mempelajari tentang Gerak yang meliputi gerak satu dimensi dan gerak dua dimensi. Hukum-hukum Newton mencakup Hukum Newton I sampai III, gaya normal, gaya gesek, dan koefisien gesek. Kesetimbangan benda mencakup kesetimbangan benda dalam pengaruh gaya-gaya yang konkuren, serta kesetimbangan benda tegar dibawah pengaruh gaya-gaya yang sebidang. Usaha dan energi mencakup energi potensial, energi kinetik dan kekekalan energi. Impuls dan momentum mencakup kekekalan momentum, tumbaukan dan koefisien restitusi. Gerak harmonik sederhana dan pegas mencakup frekuensi, gaya pemulih, sistem Hookean, dan bandul sederhana. Elastisitas mencakup tegangan, regangan, modulus Young, modulus Bulk dan modulus geser. Statika fluida mencakup tekanan hidostatik, prinsip Pascal dan archimedes. Sedangkan dinamika fluida mencakup debit aliran, persamaan kontinuitas, dan persamaan Bernoulli.

3.       Kompetensi
3.1    Kompetensi dari Proses Pembelajaran (Learning Outcomes)
Setelah menempuh mata kuliah ini dengan berhasil, mahasiswa akan dapat  memahami kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan ilmu Fisika Dasar.

3.2    Kompetensi Profesional (Professional Skills Outcomes)
Dunia kerja di tingkat regional, nasional, maupun internasional membutuhkan lulusan yang tidak hanya memiliki keahlian di bidang fisika namun juga memiliki ketrampilan berkomunikasi (secara tertulis, lisan, maupun presentasi), berpikiran kritis, kreatif dan inovatif dalam pemecahan masalah maupun pengambilan keputusan, tidak gagap teknologi (IT literacy) dan tidak ketinggalan informasi.  
Setelah lulus mata kuliah ini, mahasiswa akan dapat:
Menjadi seorang ahli teknologi informasi yang bisa memadukan antara fisika dalam kehidupan sehari-hari dengan kemajuan teknologi.

4.       Materi


Selamat Belajar Buat Temen-Temen Semua...... :-)



1 comment:

Unknown said...

inget waktu smetesr 1.... hahah :)